5 Langkah Komunikasi

Lima Langkah dalam berkomunikasi



Pada Postingan kali ini, saya ingin berbagi sedikit pengalaman yang pernah saya dapatkan sewaktu kuli-ah di lapangan, datang pagi hari pulang sore hari, hanya untuk mendapatkan sesuap berlian bro.... hehe
kerjaan nya sih gampang, hanya menawarkan produk ke setiap orang yang masih bernafas, entah itu ortu, anak kecil, wanita, pria, nenek, kakek, asalkan masih bernafas, itu adalah target kerjaan ane bro. semakin banyak yang gue tawarin tuh produk, maka semakin besar pula kemungkinan yang akan menerima produk tersebut..
1 minggu berlalu, rupanya masih semangat semangat nya bro, dan memang benar duit yang gue dapatin juga lumayan, pada waktu itu. tidak butuh teori apapun saat baru mulai kerja menjadi sales advertising, just do it aja gue mah...

seiring waktu berjalan, akhirnya ane diangkat jadi leader, dan tugas pun bertambah. yaitu ane harus mulai merekrut tim untuk bisa diajak berkerja sama. dan disana lah ane mulai diajarkan teori cara ngomong, teori cara mengajar, teori cara memimpin dll. namun sebetulnya ane juga kurang paham tentang semua yang ane pelajari, mungkin faktor ane yang kurang pintar. 
Ok Guest, untuk menjadi marketing atau sales penjualan atau apalah namanya itu...  ternyata sangat di butuhkan yang namanya skill atau keterampilan berbicara, keterampilan menawarkan produk atau keterampilan merayu cewek... hehe
terserah mau dipake untuk apa ni teori, semoga saja dapat bermanfaat untuk kita semua yang mau belajar dan berusaha.

ini dia menn, yang nama bahsa inggrisnya "5 step Communication" atau sebut saja 5 langkah agar anda bisa ngobrol dengan benar untuk mendapatkan apa yang anda tuju, berikut adalah langkah langkah nya:

1. Perkenalan

Perkenalan atau Introduction adalah hal yang pertama yang harus dilakukan saat pertama kali melihat seseorang, perkenalan yang ane maksud diatas bukan berarti anda harus berkenalan secara formal atau kaku, namun perkenalan yang ane maksud disini adalah bertujuan agar mempunyai kesan pertama yang menggoda, dan kalau sudah mendapatkan kesan pertama yang menggoda, selanjutnya terserah anda..."  hehe. 

Perkenalan disini bisa anda lakukan hanya dengan Senyum, Kontak Mata, atau obrolan yang semangat dan santun.
 2. Cerita Pendek 

Setelah ada kesan pertama yang baik, selanjutnya anda menceritakan siapa anda, darimana anda, dan untuk apa anda? namanya juga cerita pendek, jadi anda sebisa mungkin jangan sampai terlalu panjang memperkenalkan diri anda, karena akan memakan waktu yang banyak.

3. Presentasi 

Setelah kita mencerikan siapa, darimana dan untuk apa, sekarang mulailah ke tujuan utama anda, yaitu melakukan persentasi, mulai lah dari tell the good point, point point yang akan kita persentasikan haruslah diluar kepala kita. gunakan body language, bahasa tubuh bisa mempengaruhi lawan bicara kita.

4.Closing 

Sebelum kita masuk ke closing atau penutup, anda harus tau dulu ketika kita persentasi apakah anda menemukan closing signal atau sinyal yang mengarah kepada goal/tujuan anda. kalau sudah ketemu langsung saja closing bro.... hehe

5.Rehash 

Rehash atau pengulangan kembali, tujuan nya untuk melipat gandakan atau mengulang permintaan closing kita dengan melakukan penawaran kembali.

ok bray,, jika kurang di pahami di tunggu komentar dan sarannya.


Share this: